KONSEP DASAR MULTIMEDIA
- Dasar Multimedia
multimedia adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, animasi , atau bahkan video untuk ditampilkan untuk pengguna komputer . Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
Saat ini kita hidup di era teknologi informasi, era dimana alat - alat teknologi digital dilahirkan. Lahirnya penemuan - penemuan di bidang teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer, internet, email, dan lainnya merupakan deretan penemuan besar manusia yang tercipta di era saat ini. Penemuan - penemuan tersebut telah memiliki sumbangsih nyata dalam membantu mempermudah pekerjaan manusia.
Selain bertujuan mempermudah pekerjaan manusia, penemuan - penemuan di bidang teknologi informasi juga bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi di dunia teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan informasi dan hiburan. Dan salah satu penemuan yang paling dikenal adalah munculnya istilah multimedia. Maka kemudian banyak diciptakannya alat - alat yang mendukung konsep multimedia ini.
Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Multi berarti banyak atau bermacam - macam, sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Jadi, menurut bahasa multimedia dapat diartikan sebagai alat - alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Multimedia digunakan dalam berbagai bidang, seperti bidang informatika, pendidikan, bisnis, dan lain sebagainya. Dalam bidang informatika, multimedia digunakan untuk membuat game dan website. Sedangkan pada bidang pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran baik di dalam kelas, maupun secara otodidak. Pada bidang bisnis, multimedia digunakan sebagai iklan, produk, dan sistem e-learning.
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu :
1) Multimedia Content Production
Multimedia content production adalah penggunaan beberapa media yang dapat berupa teks, audio, grafik, animasi, video yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti musik, film, game, dan lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan berupa media teks atau tulisan, media audio atau suara, media animasi, media gambar, media grafik, dan media spesial effect.
2) Multimedia Communication
Multimedia communication adalah pengguaan media seperti televisi, radio, majalah, dan internet untuk mepublikasikan material periklanan, entertainment, berita, pendidikan, dan lain-lain. Dalam kategori ini media yang digunakan berupa televisi, radio, film, media cetak, musik, game, dan tutorial.
Tujuan Dasar Multimedia
Pemanfaatan multimedia memiliki tujuan - tujuan dasar sebagai berikut :
- Meningkatkan efektifitas penyampaian informasi.
- Mendorong partisipasi, eksploitasi, dan interaksi pemakai.
- Merancang panca indra, karena bersifat visual.
- Memberikan kemudahan pemakaian.
Sebuah multimedia yang baik dan mudah dipahami, membutuhkan elemen - elemen yang mampu menyampaikan sebuah informasi kepada pengguna multimedia tersebut. Elemen - elemen tersebut antara lain :
a. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah di mengerti. Selain itu teks lebih mudah diolah, disimpan, dan tidak banyak memakai memori dalam sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks antara lain plain text, rich format text, dan hyper text. Plain text merupakan jenis teks yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Rich format text merupakan sekumpulan teks yang telah diformat. Karena telah diformat, rich format text mampu menampilkan teks - teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain. Sedangkan hyper text yaitu teks yang bersifat saling terhubung (linking), dan non linear, contohnya adalah HTML dan XML.
b. Animasi
Animasi adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara cepat, bergantian, dan terus - menerus akan menghasilkan efek - efek sebuah gambar yang dapat bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bentuk gambar atau grafik biasa.
c. Grafik
Grafik sangat baik dalam mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner, maupun bentuk gambar lain baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Berdasarkan pembentukannya, jenis grafik terbagi menjadi dua macam, yaitu :
a) Grafik Bitmap
Bitmap disusun sebagai sebuah matriks yang merepresentasikan setiap titik atau pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat bergantung dari resolusi pixel dan ketajaman warna. Grafik dalamm bentuk ini sangat baik dalam penyimpanan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
b) Grafik Vektor
Grafik vektor dibentuk dari hitungan matematika sebagai dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangunan dua dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran, ketebalan, dan sudut. Grafik vektor cenderung berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu, apabila diperbesar vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
d. Gambar
Gambar merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :
- Visible image adalah gambar yang terlihat seperti lukisan, foto, dan lain-lain.
- Non visible image, suatu objek yang bukan gambar namun dipresentasikan dalam bentuk gambar. Seperti pengukur suhu, pengukur tekanan, dan lain-lain.
- Abstract image merupakan gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika.
Penggunaan suara atau audio ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu tidak bisa dideskripsikan oleh teks. Ada 3 jenis suara yaitu ucapan, musik, dan efek suara. Selain itu berdasarkan jenis format, suara juga terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
- MIDI (Musical Instrument Digital Interface) merupakan jenis format suara yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun jenis format MIDI tidak dapat memainkan atau merekam bunyi atau suara yang alami seperti suara manusia, suara tetesan air, dan lain-lain.
- WAVE merupakan jenis format musik atau suara berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real sound effect maupun suara dari manusia.
Video seperti layaknya animasi namun video lebih cenderung hasil karya dari adegan dunia nyata yang direkam secara langsung. Dalam video terkandung juga elemen multimedia lainnya seperti gambar, suara, dan tulisan. Dibanding dengan elemen lainnya, video menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.
Konsep Dasar Warna dalam Multimedia
a. RGB (Red, Green, Blue)
Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi, dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam.
b. CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Key)
CMYK adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow (kuning), dan warna utamanya black (hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses pewarnaan dengan menggunakan empat warna, dan merupakan bagian dari model pewarnaan yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun dapat juga digunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda - beda dari setiap tempat pencetakan, operator surat kabar, pabrik surat kabar, dan pihak - pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya diatur berdasarkan urutan dari singkatan tersebut.
3. Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan sebagai iklan yang kratif untuk menarik konsumen. Selain itu dengan multimedia, informasi yang disampaikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti. Berikut ini pemanfaatan multimedia di berbagai bidang :
a) Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia, dokter dapat menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi psien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan paru - paru melalui tampilan sebuah monitor. Penggunaan sinar X untukscanning tubuh manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek - objek yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang terhubung kee komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan obat - obatan.
b) Bidang Pendidikan
Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan dikarenakan beberapa hal sebagai berikut :
- Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil untuk dapat dilihat dan di pelajari.
- Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet, sistem tata surya, bentuk gunung, dataran tinggi, dan lainnya.
- Multimedia dapat menempilkan animasi dari objek yang bergerak
- Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.
- Multimedia dapat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.
- Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.
- Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang objek - objek yang sulit kepada siswa
- Multimedia mampu menujukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan.
- Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih interaktif, kooperatif, dan aktif
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang inovatif, kreatif, dan interaktif, daya saing sebuah produk menjadi lebih tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indra dan minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan menampilkan sebuah iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan dalam penampilan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran, data rahasia perusahaan, dan informasi mengenai klien bisnis.
d) Bidang Teknik
Di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang digunakan dapat menampilkan objek - objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu di bidang teknik industri, mesin, dan sipil. Sementara di bidang elektro, multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya serta dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang, angka, dan persamaan matematis.
e) Bidang Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai terutama untuk modeling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk diteliti dan dikembangkan. Objek - objek tersebut dapat diteliti dengan mempelajari tekstur, ukuran, dimensi, dan karakternya dalam bentuk multimedia berupa gambar, animasi, dan bahkan suara.
f) Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan gambar dalam film animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan sehari - hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD Player dan MP3/MP4 Player yang dapat menyuguhkan hiburan film, musik, dan karaoke. Selain itu, berita - berita yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
g) Bidang Transportasi dan Komunikasi
Di bidang transportasi, multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigassi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Untuk sistem navigasi pesawat dapat ditentukan ketinggian pesawat, kondisi cuaca dan kecepatan angin pada monitor sistem navigasi. Sementara di darat, jalur kereta serta pergerakan kertea dapat di monitoring dalam suatu tampilan monitor di ruang kendali pusat. Selain itu, dengan multimedia dapat mengetahui kondisi jalan, dan posisi di dalam suatu sistem yang disebut GPS (Global Positioning System). GPS memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada, ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinant sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.